SILABUS BAHASA INGGRIS REVISI 2018 UNTUK PKKM / AKREDITASI 2019-2020 _ FILE DOC
SILABUS BAHASA INGGRIS REVISI 2018 UNTUK PKKM / AKREDITASI 2019-2020 _ FILE DOC - Hai Para Rebahanners Santri Kuliah, Di Artikel kali ini Mimin Mau Share SILABUS BAHASA INGGRIS REVISI 2018 UNTUK PKKM / AKREDITASI 2019-2020 _ FILE DOC, Untuk Pembaca Boleh Di share artikel ini
Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Seperti kurikulum mata
pelajaran lainnya, Kurikulum Bahasa Inggris merupakan bagian dari Kurikulum
2013, yang ruang lingkup pengelolaannya dimulai dari merumuskan Kompetensi
Dasar (KD). KD yang dirumuskan adalah KD 3 dan KD 4, untuk mengejawantahkan
KI-3 dan KI-4. Kompetensi sikap yang tercantum dalam rumusan KI-1 dan KI- 2
tidak secara eksplisit diturunkan ke dalam Kompetensi Dasar karena kompetensi
sikap dikembangkan secara tidak langsung dan diintegrasikan ke dalam proses
pembelajarannya. Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih
lanjut.
Perumusan
KD didasarkan pada beberapa konsep tentang bahasa fungsional, termasuk konsep
genre, sebagai berikut.
·
Bahasa Inggris perlu dipelajari
untuk dapat berfungsi bagi kehidupan siswa sehari-hari, dalam berbagai bentuk
teks.
·
Teks adalah alat komunikasi dan berpikir.
·
Teks memiliki sifat bermakna dan
mempunyai tujuan untuk melaksanakan suatu fungsi sosial.
·
Berdasarkan rumusan KI 3
(pengetahuan), tujuan komunikatif adalah untuk mengomunikasikan informasi
faktual (terkait dengan topik komunikasi), informasi prosedural (terkait dengan
langkah-langkah melaksanakan suatu proses), dan informasi konseptual (terkait
dengan pemahaman terhadap fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks)
·
Genre memberikan kerangka
pembentukan teks yang terdiri atas tiga aspek: (1) tujuan atau fungsi sosial
yang hendak dicapai, dengan menggunakan (2) struktur teks dan (3) unsur
kebahasaan yang sesuai dengan tuntutan kontekstual.
·
Secara kontekstual, teks
menyesuaikan fungsi, struktur teks, dan unsur kebahasaannya dengan (1) topik
pembicaraan, (2) hubungan fungsional antarpeserta komunikasi, (3) moda
komunikasi yang digunakan (misalnya lisan atau tulis).
·
Struktur teks dan unsur kebahasaan
yang menjadi penciri dasar setiap jenis teks (genre) akan disesuaikan dengan
keunikan setiap konteks yang dihadapi, sehingga teks yang termasuk dalam setiap
genre akan beragam dari konteks ke konteks.
·
Pengguna bahasa akan terus menerus
dihadapkan pada masalah untuk memilih dan menentukan isi dan bentuk teks yang
sesuai dengan konteks yang dihadapi. Oleh karena itu, berkomuniasi merupakan
rangkaian tindakan problem solving, eksplorasi dan discovery
secara terus menerus.
Berdasarkan berbagai konsep di atas,
perumusan KD dapat digambarkan sebagai berikut.
·
KD dirumuskan untuk penggunaan
bahasa Inggris pada tiga jenis teks, yaitu (1) interpersonal, (2)
transaksional, dan (3) fungsional. Dalam teks interpersonal teks berfungsi
untuk menjaga hubungan interpersonal; dalam teks transaksional teks berfungsi
untuk bertukar informasi, barang dan jasa; dalam teks fungsional teks berfungsi
untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu.
·
Penentuan kompetensi untuk setiap jenis teks dengan mengacu
pada konsep genre.
·
Penentuan tataran kognitif untuk
jenjang SMP/MTs yang difokuskan pada memahami (khususnya mengidentifikasi,
membandingkan, dan menafsirkan) dan tataran ‘menerapkan’.
Baca Juga : RPP K13 SMP/MTs MAPEL BAHASA INGGRIS REVISI 2019
Baca Juga : RPP K13 SMP/MTs MAPEL BAHASA INGGRIS REVISI 2019
Silahklan Download file Silabus Bahasa Inggris Revisi
( Download )
/