CARA UBL (UNLOCK BOOTLOADER) HP VIVO Y51L/Y51

Cara ubl vivo xiomi

CARA UBL (UNLOCK BOOTLOADER) HP VIVO Y51L/Y51 - Hai Para Rebahanners Santri Kuliah, Di Artikel kali ini Mimin Mau Share CARA UBL (UNLOCK BOOTLOADER) HP VIVO Y51L/Y51, Untuk Pembaca Boleh Di share artikel ini



CARA UBL (UNLOCK BOOTLOADER) HP VIVO Y51L/Y51

Apa itu Unlock Bootloader (UBL) ?

Bootloader adalah sistem pengisi dari sebuah operasi sistem (OS) yang berfungsi untuk mengarahkan kernel OS melakukan booting secara normal. Karena setiap OS Android bersifat open source dan memiliki berbagai jenis hardware yang berbeda, maka setiap OEM juga memiliki versi spesifikasi bootloader tersendiri untuk hardware yang digunakan.  Vivo menggunakan Sistem Lock Bootloader pada HP keluaran 2016  keatas. Tujuannya adalah demi keamanan dan keaslian HP Vivo. Walaupun membuat kita sedikit ribet kalau mau melekukan Unlock bootloader nya.

Dari pengertian bootloader di atas maka UBL dapat diartikan sebagai cara untuk membuka sistem yang terkunci agar memudahkan saat mengoprek device sobat. Agar handhone sobat dapat dioprek, pasang TWRP, diRoot, ataupun ganti Custom ROM, maka sobat buka kunci bootloadernya (Unlock Botloader).

Untuk Unlock Bootloader HH Vivo cukup mudah tidak serumit dibanding HH Xiaomi yang harus mengirim permohonan ijin dulu dengan melakukan registrasi ke plihak en.miui.com sampai mendapat balasan persetujuan.

Manfaat Unlock Bootloader (UBL) :

Dapat menginstal TWRP/Custom Recovery yang berfungsi untuk memodif HH sobat.Lebih bebas saat hendak ingin flashing roomMempermudah Rooting.Flashing ROM/CUSROM.Bisa Pasang XposedTweaks, dll.

Resiko/Kelemahan Melakukan Unlock Bootloader (UBL) :

Garansi hangus.Rentan virus dan malware.Memperlemah keamanan device bahkan bisa mengalami Brick.

Cara Unlock Bootloader (UBL) Smartphone VIVO :

BAHAN :
1. Vivo y51l kalian harus di Versi PD1510F_EX_C_2.6.13 / PD1510F_EX_2.7.1. Kalo belum di versi tersebut. Kalian wajib Downgrade dulu. Dengan artian Kalian harus Turunkan Versi Firmware Hp Kalian.
2. PC atau Laptop Windows.Kabel data USB ori/bagus. Download Minimal ADB and Fastboot >> Pilih versi terbaru V1.4.3 Download Vivo USB Driver.  >> Cari dan pilih sesuai model vivo sobat

LANGKAH-LANGKAHNYA :

1. Install Vivo USB Driver pada PC/Laptop, pastikan terinstall baik dan benar (tutorial detailnya ada di blog tempat download tsb). Untuk memastikan sdh terpasang dengan benar, silahkan cek : klik kiri Start pd logo windows pojok kiri bawah >>  klik kanan Computer >> klik kiri Manage >> pilih Device Manager >> harus muncul seperti dalam kotak merah berikut : 


2. Install Minimal ADB and Fastboot pada PC/Laptop sobat.

3. Enable atau aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock yang berada di menu developer option. Caranya : Masuk menu Setting pd HP sobat >> pilih About Phone >> Tap/sentuh 7 x pada Build Number sampai keluar notif You are now a developer >> lalu kembali ke menu Setting >> scroll ke bawah cari Developer options/Pilihan pengembang >> Cari USB debugging/Mendebug USB dan OEM unlocking/OEM terbuka kunci, kemudian centang/aktifkan/enable lalu pilih OK.


4. Sambungkan HH Vivo sobat ke Laptop/PC dengan menggunakan kabel USB.

5. Buka folder ADB and Fastboot yang sudah sobat install tadi, kemudian klik kanan di folder tsb lalu klik kiri pada Open command window here/Open PowerShell window here.


6. Sehingga keluar Command Line adb , penampakannya sebagai berikut ini.


7. Kemudian ketikan perintah adb devices untuk mengetahui HH Vivo sudah terkoneksi ke PC/Laptop apa belum.


8. Setelah itu sobat ketik perintah adb reboot bootloader maka otomatis smartphone sobat akan reboot dan masuk ke dalam mode fasboot ( bootloader ).


9. Lalu ketikkan fastboot bbk unlock_vivo  jika berhasil maka akan tampil tulisan finished.

10. Terakhir ketikkan fastboot reboot dan tekan Enter untuk reboot/restart Hp ke Homescreen.

Oke cukup segitu dulu. Cara di atas sudah saya praktekan saya sendiri.. dan kini mimin sudah ada di Cusrmo MIUI 9 Pro. 

Jika Hp Kalian Bootloop/brick itu diluar tanggung jawab mimin. 

Gak bootloop gak tamvan :v salam opreker. 



/