Puasa dan al-Quran

Puasa dan al-Quran

Puasa dan al-Quran - Hai Para Rebahanners Santri Kuliah, Di Artikel kali ini Mimin Mau Share Puasa dan al-Quran, Untuk Pembaca Boleh Di share artikel ini




Lapar disaat berpuasa tidak akan sia-sia. Puasa itu akan memberikan syafa'at bagi siapa saja yang suka mengerjakannya pada hari kiamat kelak.
Begitu juga berbahagialah para pembaca dan juga penghapal al-Qur'an.
Al-Qur'an kelak akan datang kepada setiap pembaca dan penghapalnya kemudian al-Qur'an itu akan memberikapersaksian baginya. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,
"Amalan puasa dan membaca Al-Qur’an akan memberi syafa’at bagi seorang hamba di hari kiamat."
Puasa berkata:
"Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya."
Dan Al-Qur’an berkata:
"Aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya", maka keduanya pun diizinkan memberi syafa’at.” [HR. Ahmad,
Shahih At-Targhib: 1429]
Didalam hadits yang lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﺍﻗْﺮَﺀُﻭﺍ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳَﺄْﺗِﻰ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺷَﻔِﻴﻌًﺎ ﻷَﺻْﺤَﺎﺑِﻪِ
“Rajinlah membaca al-Quran, karena dia akan menjadi syafa'at bagi penghafalnya di hari kiamat.” [HR. Muslim 1910]
Syurga bisa diraih dengan melaksanakan dua amalan itu dengan ikhlas dan mengharap ridho dari Allah subhanahu
wa ta'ala.

Catatan makna syafa'at:
Syafa'at adalah usaha perantaraan dalam memberikan
sesuatu manfaat bagi orang lain atau mengelakkan
sesuatu mudharat bagi orang lain.
Syafaat disebutkan pertama kali dalam Al-Qur'an adalah pada QS.AL-Baqarah ayat 48. ... Atau dengan kata lain syafa'at adalah memintakan kepada Allah di akhirat untuk kepentingan orang lain.
Bantulah diri kalian sendiri agar tidak terpukul dengan dosa-dosa masa lalu. Hantam dosa-dosa dengan banyak berpuasa dan banyak membaca al-Qur'an.
Semoga kita sadar bahwa suka atau tidak suka hidup ini akan berakhir dan hidup ini jangan menjadi penyesalan yang panjang ketika berhadapan dengan Hakim Yang Paling Adil. 


/