Contoh Buku Tata Tertib Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Terbaru 2020

Contoh Buku Tata Tertib Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Terbaru 2020 - Hai Para Rebahanners Santri Kuliah, Di Artikel kali ini Mimin Mau Share Contoh Buku Tata Tertib Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Terbaru 2020, Untuk Pembaca Boleh Di share artikel ini



Contoh Buku Tata Tertib Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Terbaru 2019

 Kali ini saya akan share contoh buku tata tertib siswa-siswi di sekolah untuk SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Buku tata tertib siswa ini merupakan buku saku siswa yang didalamnya memuat seluruh tata tertib dan aturan sekolah yang dicatat lebih spesifik mulai dari biodata sekolah, visi-misi sekolah/madrasah sampai dengan poin-poin pelanggaran yang sudah ditetapkan disekolah sesuai dengan hasil keputusan musyawarah.

Buku tata tertib siswa ini bisa dibawa oleh masing-masing siswa sebagai pengingat dan usaha proteksi sekolah agar siswa-siswi selalu mematuhi tata terib sekolah. Siswa akan lebih berhati-hati jika bertindak yang tidak sesuai dengan tata tertib sekolah dan norma-norma yang berlaku disekolah maupun diluar sekolah. Jika melanggar tata tertib sekolah/madrasah, maka berlaku pengurangan poin sesuai dengan jenis pelanggarannya.

LANDASAN TATA TERTIB SEKOLAH/MADRASAH

Mengapa tata tertib sekolah/madrasah harus dilaksanakan dan ditegakan semaksimal mungkin? Sebagaimana kita ketahui bahwa sekolah/madrasah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki 2 (dua) fungsi utama: yang pertama berfungsi sebagai lembaga pendidikan, dan yang kedua berfungsi sebagai lembaga pengajaran. Kedua fungsi tersebut akan berjalan dengan baik apabila kondisi sekolah kondusif, terutama kesiapan dan kedisiplinan siswa-siswi sebagai warga sekolah dalam menjalankan tata tertib sekolah.

Dalam kurikulum 2013, buku tata tertib siswa ini bisa menjadi acuan salah satu penilaian sikap siswa secara keseluruhan disamping penilaian sikap dikelas yang guru lakukan.

Nah salah satu dasar hukum tentang penegakan kedisplinan sekolah ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 setelah perubahan Bab XIII pasal 31 ayat 1,2 dan 3. Lalu UUD sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 4 ayat 4 bahwa:

''Pendidikan dilaksanakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan dan mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran''

Selanjutnya Pasal 12 ayat 2 a, bahwa: Setiap Peserta Didik Berkewajiban Menjaga Norma-Norma Pendidikan untuk Keberlangsungan Proses Keberhasilan Pendidikan.

FUNGSI TATA TERTIB SEKOLAH/MADRASAH

Sekolah yang baik adalah sekolah yang menerapkan tata tertib dan kedisiplinan warga sekolahnya. Salah satu sasaran paling utama adalah tata tertib untuk peserta didiknya. Sekolah yang menerapkan tata tertib artinya sudah melaksanakan amanat UUD dan fungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan. Nah, ada beberapa fungsi pelaksanaan tata tertib sekolah diantaranya:
  • Melakukan investigasi data pelanggaran dan penyimpangan peserta didik terhadap norma dan peraturan sekolah/madrasah yang berlaku,
  • Melakukan penelitian terhadap kendala, masalah dan hambatan-hambatan dalam menyelesaikan masalah yang menyebabkan pelanggaran selalu dilakukan oleh peserta didik,
  • Menciptakan suasana tertib, aman, nyaman (kondusifitas sekolah) baik dikelas ketika proses pembelajaran maupun dilingkungan sekolah,
  • Memberikan teladan/contoh yang sesuai dengan etika dan norma yang sudah diterapkan di masing-masing sekolah.

CONTOH BUKU TATA TERTIB SEKOLAH

Buku tata tertib sekolah/madrasah ini disusun secara sistematis sesuai dengan panduan contoh buku tata tertib disekolah/madrasah lainnya. Buku ini bisa digunakan unstuk semua jenjang baik sekolah dasar, menengah dan tingkat atas. Poin-poin apa saja yang tercantum didalam buku tata tertib siswa ini? cek dibawah ini:

Daftar Isi Buku Tata Tertib Siswa:
  • Cover,
  • Identitas Siswa,
  • Daftar Isi,
  • Visi dan Misi Sekolah,
  • Tujuan Sekolah,
  • Tata Tertib,
  • Hak Siswa,
  • Kewajiban Siswa,
  • Larangan Siswa,
  • Sanksi,
  • Penilaian Sikap Siswa,
  • Poin-poin Pelanggaran,
  • Catatan
  • Refleksi

Itulah gambaran buku tata tertib siswa, kurang lebih ada 12 poin didalamnya yang sudah memuat seluruh aturan dan tata tertib sekolah/madrasah. Selengkapnya silahkan unduh disini.

Jenis pelanggaran dan jumlah poin bisa anda sesuaikan dan ganti berdasarkan hasil keputusan musyawarah yang dilaksanakan tim pengembang kurikulum dalam penyusunan Buku 1 KTSP (Dokumen 1 KTSP).  Contoh dokumen 1 KTSP lihat disini.

Setelah diputuskan melalui musyawarah, maka tata tertib sekolah tersebut disosialisasikan kepada seluruh siswa-siswi, guru dan orang tua siswa.

Demikian Contoh Buku Tata Tertib Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Terbaru 2019 yang bisa saya share. semoga bermanfaat, aamiin.

/