Cara Buat Tugas Online Buat Siswa Di Rumah 2020

Cara Buat Tugas Online Buat Siswa Di Rumah 2020 - Hai Para Rebahanners Santri Kuliah, Di Artikel kali ini Mimin Mau Share Cara Buat Tugas Online Buat Siswa Di Rumah 2020, Untuk Pembaca Boleh Di share artikel ini



Membuat soal ujian (ulangan di sekolah) online atau kuis tidak memerlukan aplikasi rumit apalagi harus membelinya. Anda bisa membuat soal ulangan harian online dengan aplikasi bawaan google yaitu google formulir. Cara membuat soal ulangan online ini sangat mudah dan bisa langsung dipraktikkan kapanpun dan dimanapun.  Syaratnya hanya dengan memiliki HP dan koneksi internet.

Membuat soal ulangan/kuis online dengan google formulir akan membantu dan memudahkan pekerjaan anda sehari-hari terutama teman-teman guru dimanapun berada. Saat ini banyak sekali aplikasi ujian online yang bisa anda unduh dengan mudah namun tentunya tidak gratis karena harus ada izin yang membuatnya. Saat ini guru dituntut lebih kreatif dan inovatif terutama dalam memanfaatkan teknologi berbasis internet yang sudah menjadi makanan wajib sehari-hari.

Nah, dengan aplikasi google formulir yang sudah disediakan google anda bisa seenaknya membuat soal ujian online terutama membuat soal ulangan harian disekolah. Cara ini sangat efektif sekali disaat guru akan melaksanakan ujian/ulangan harian disekolah.

Jika pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sudah berbasis komputer dan diujikan secara online, maka apa salahnya pelaksanaan ujian/ulangan harian juga bisa dilaksanakan secara online. Cara ini sekali-kali wajib dicoba oleh guru mata pelajaran ketika akan melaksanakan ulangan harian disekolah. InsyaAllah sekali mencoba akan ketagihan juga wkwk....

Kelebihan membuat soal ujian online dengan Google Formulir

Apa saja sih kelebihannya, jika membuat soal ulangan dengan google formulir? salah satu kelebihannya ialah:
  • Google Formulir sudah menyediakan format pertanyaan (bentuk soal) baik itu soal pilihan ganda maupun soal essai.
  • Google Form juga sudah menyediakan jawaban otomatis (soal kuis) benar atau tidaknya jawaban yang diisi siswa sehingga guru tak perlu repot memeriksa satu-persatu mana yang benar dan mana yang salah.
  • Guru bisa menentukan skor/poin dalam satu soal/pertanyaan
  • Hasil ulangan siswa secara otomatis disimpan dalam format exel melalui spreadsheet google form. Guru tidak usah membuat format hasil nilai baru di exel.

Cara Membuat Soal Ulangan dengan Google Formulir

Setelah mengetahui apa saja keunggulan jika membuat soal ulangan online dengan google formulir, maka bagaimana cara membuatnya? caranya simpel sekali dan bisa langsung anda praktikkan sendiri melalui HP yang sedang anda pegang. Ada 2 (dua) tahapan dalam membuat soal dan jawaban ulangan harian.

Tahap pertama:

1. Login dengan akun gmail (email google) yang sudah anda buat, disini

2. Setelah login email, pilih google drive.

3. Setelah masuk google drive, klik tanda (+). Silahkan cari kebawah ''Lainnya'' dan pilih Google Formulir. Setelah masuk google formulir akan tampak tampilan secara umum google formulir. Selanjutnya pilih ''pertanyaan''. Lalu ganti kalimat ''Formulir tanpa judul'' dengan judul sesuai kebutuhan anda, misalkan, ''Soal Ulangan Harian''. Isi juga deskripsi dibawah soal ulanga harian dengan'' soal ulangan IPA kelas VII/VIII/IX ''. Lihat gambar dibawah ini:

Membuat Soal Ujian Online dengan Google Formulir

4. Selanjutnya ganti ''pertanyaan tanpa judul'' dengan soal Nama Siswa, Kelas, dengan Soal mata pelajaran dan pilihan ganda yang sudah anda siapkan, lihat gambar dibawah ini:


5. Setelah membuat soal serta jawabannya, pilih menu ''tanggapan'' lalu klik warna hijau (+) untuk membuat spreadsheet dalam bentuk file exel. Ganti ''form tanpa judul'' dengan kalimat ''jawaban IPA kelas VIII'' lalu klik buat. Lihat gambar dibawah ini:

Cara Membuat Soal Ujian dan Jawaban (Kuis) Online dengan Google Formulir

6. Selanjutnya pilih menu ''setelan'' (gambar roda gerigi) lalu pilih kuis dan aktifkan ini sebagai kuis. Disini anda akan menentukan jawaban yang benar dan membuat skor sehingga secara otomatis akan langsung terlihat jawaban siswa yang benar dan salah. Selanjutnya klik ''simpan'' . Lihat gambar dibawah ini:

Cara Membuat Soal Ujian dan Jawaban (Kuis) Online dengan Google Formulir


7. Silahkan kembali ke menu ''pertanyaan''. Lalu dibawah pilih ''Kunci Jawaban''. Disini anda akan menentukan jawaban yang benar sekaligus skor/poin pada soal pilihan ganda, misalnya jawaban yang benar adalah D. Silahkan simpan. Lihat gambar dibawah ini!

Cara membuat Soal Ujian/Ulangan Online dengan Google Formulir

8. Selesai sudah tahap pertama pembuatan soal dan jawaban ulangan IPA kelas VIII. (soal diatas hanya satu soal saja sebagai sampel) silahkan lakukan cara yang sama untuk membuat soal-soal lainnya.

Tahap kedua:

Cara mengirim link Soal Ulangan Online ke Siswa

1. Pilih menu kirim, setelah menu kirim terbuka ada beberapa pilihan yang bisa anda pilih. Bisa mengirim melalui email, mengirim tidak melalui email (langsung link) dan bisa dishare melalui website atau media sosial lainnya seperti twitter dan facebook. Karena hanya akan mengirim link maka Klik gambar roda (bulat) ditengah. Selanjutnya Copy link tersebut dan bagikan keseluruh siswa disaat pelaksanaan ujian. lihat gambar dibawah ini:

Cara membuat Soal Ujian/Ulangan Online dengan Google Formulir

Contoh skor ujian online dengan jawaban yang salah:

Cara membuat Soal Ujian/Ulangan Online dengan Google Formulir


Demikian Cara Membuat Soal Ujian dan Jawaban Online dengan Google Formulir. Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas silahkan tulis dikolom komentar. Diatas hanyalah salah satu contoh simpel dan mudah membuat soal online ujian disekolah dengan google form. Saatnya sekarang juga anda coba dan terapkan disaat pelaksanakan ujian dan kembangkan sesuai kebutuhan masing-masing sesuai mata pelajaran.

Tidak hanya ulangan harian, guru bisa lebih memberikan tugas tambahan siswa dirumah (Tugas PR)  dengan membuat soal-soal latihan online melalui google form. Dengan cara ini guru akan meminimalisir penggunaan HP hanya untuk bermain game, searching yang tidak berguna dan prilaku negatif lainnya didepan HP atau komputer.

/