BUKU GURU BAHASA INDONESIA REVISI 2020 TERBARU

BUKU GURU BAHASA INDONESIA REVISI 2020 TERBARU - Hai Para Rebahanners Santri Kuliah, Di Artikel kali ini Mimin Mau Share BUKU GURU BAHASA INDONESIA REVISI 2020 TERBARU, Untuk Pembaca Boleh Di share artikel ini



SantriKuliahDeweKurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Pengembangan kurikulum, termasuk Bahasa Indonesia, merupakan konsekuensi
logis dari perkembangan kehidupan dan perkembangan pengetahuan tentang
bahasa dan bagaimana cara berbahasa yang terwujud dalam teori belajar bahasa
terkini. Perkembangan teori belajar bahasa berkontribusi terhadap pemahaman
tentang hakikat bahasa, hakikat bagaimana manusia belajar dan hakikat komunikasi
interkultural, dan sekaligus tentang manusia itu sendiri yang kesemuanya ini saling berkaitan dengan saling berdampak satu sama lain. Pemahaman hal ini dimaksudkan untuk peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia secara berkesinambungan.

Kurikulum Bahasa Indonesia secara ajeg dikembangkan mengikuti perkembangan
teori tentang bahasa dan teori belajar bahasa yang sekaligus menjawab tantangan kebutuhan zaman. Hal ini dimulai sejak 1984 hingga sekarang Kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan “outcomes-based curriculum”. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari SKL. Demikian pula penilaian hasil belajar dan hasil kurikulum diukur dari pencapaian kompetensi. Keberhasilan kurikulum diartikan sebagai pencapaian kompetensi yang dirancang dalam dokumen kurikulum  oleh seluruh peserta didik.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar para siswa memiliki kompetensi
berbahasa Indonesia untuk berbagai fungsi komunikasi dalam berbagai kegiatan
sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku diharapkan dapat membantu siswa
mengembangkan kompetensi berbahasa, kognisi, kepribadian, dan emosi siswa.
Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat menumbuhkan minat
baca dan minat menulis.

Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia
dikembangkan berdasarkan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks,
pendekatan CLIL (content language integrated learning), pendekatan pendidikan karakter, dan pendekatan literasi.

Konsep utama pengembangan buku teks ini adalah berbasis-genre. Genre
dimaknai sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan
tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikatifnya. Masing-masing jenis genre memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan
unsur kebahasaan. Inilah cara pandang baru tentang bahasa. Pada Kurikulum
2006 pembelajaran Bahasa Indonesia menekankan pada pendekatan komunikatif.

Kurikulum 2013 lebih menajamkan efek komunikasinya dan dampak fungsi
sosialnya. Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Content Language
Integrated Learning menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).

Untuk File Download (disini)

/